Gaji ke-13 Untuk PNS PPPK Pensiunan Cair 1 Juli

 Infografis gaji + tukin Ditjen Pajak

Foto: Infografis detik/Denny Putra

Gaji ke-13 PNS bakal cair 1 Juli 2022 mendatang, 9 hari dari sekarang PNS bakal mendapatkan tambahan penghasilan. Hal ini ditegaskan langsung oleh Kementerian Keuangan.

"Pembayaran gaji ke-13 akan dilakukan mulai tanggal 1 Juli," ungkap Direktur Pelaksanaan Anggaran Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Tri Budhianto, kepada detikcom, Selasa (21/6/2022).

Lalu, apakah pencairan gaji ke-13 juga akan diterima PPPK dan pensiunan PNS? Dalam catatan detikcom, secara aturannya gaji ke-13 PNS bakal dirasakan juga oleh PPPK hingga pensiunan.

Hal itu semua tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Lebih rinci, dalam pasal 3 PP no 16 tahun 2022 dijelaskan penerima gaji ke-13 adalah PNS (termasuk CPNS), PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri, dan Pejabat Negara.

Kemudian ada juga, pensiunan PNS, pensiunan Prajurit TNI, pensiunan Anggota Polri, dan pensiunan Pejabat Negara serta keluarga perwakilan penerima pensiunan.


Jadi bisa disimpulkan bila gaji ke-13 PNS juga ikut diterima oleh PPPK dan juga pensiunan mulai 1 Juli 2022 mendatang.

Adapun untuk besaran gaji ke-13 PNS dihitung dari total gaji pokok, ditambah tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan, atau tunjangan umum. Nah tahun ini jumlahnya ditambah dengan 50% tunjangan kinerja sesuai jabatan, pangkat, peringkat jabatan, atau kelas jabatannya.

hal/dna) detik

No comments:

Post a Comment